Info Detail

detail info

Mengapa Timbul Jerawat?

Sebelum kita mengetahui apa saja faktor penyebab timbulnya jerawat dan cara mengatasinya, kita perlu mengetahui jenis-jenis jerawat yang timbul di kulit wajah :

  1. Komedo. Komedo sebenarnya adalah tersumbatnya pori-pori kulit wajah, bisa terbuka atau tertutup. Komedo Terbuka (Blackhead) terlihat seperti pembesaran pori-pori dan menghitam, sedangkan Komedo Tertutup (Whitehead) adalah tumbuhnya kulit diatas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat sepeti tonjolan putih kecil. Komedo muncul disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan sekresi kelenjar minyak berlebih.
  2. Jerawat Biasa. Jerawat biasa berupa tonjolan kecil berwarna pink atau kemerahan. Jerawat ini timbul karena adanya penyumbatan pada pori-pori yang terinfeksi oleh bakteri jenis propionibacterium acne sehingga dapat menimbulkan iritasi pada daerah sekitarnya. Proses infeksi bakteri bisa dari washlap, kuas make up, jari tangan, stres, hormon dan lembabnya udara.
  3. Jerawat Batu (Cystic Acne). Cystic Acne adalah jerawat berukuran besar dengan peradangan hebat, berkumpul di seluruh muka dan biasanya penderita memiliki keluarga dekat yang menderita jerawat jenis ini. Jenis ini mucul karena penderitanya memiliki :
    • Over aktifnya Kelenjar minyak sehingga membanjiri pori-pori dengan kelenjar minyak.
    • Tidak normalnya pertumbuhan sel-sel kulit dan tidak bisa beregerenasi secepat kulit normal.
    • Respon berlebih terhadap peradangan dan akan meninggalkan bekas di kulit.